Rabu, 03 Juni 2015

ISKANDARIYAH

Tidak ada komentar:

Iskandariyah atau biasa yang disebut Alexandria sudah tidak asing di lagi telinga kita,Alexandria dijadikan judul film layar lebar Indonesia yang di bintangi Julie Estelle,Marcel Chandrawinata dan Fachri Albar dan Alexandria juga menjadi nama album Peterpan.

 Iskandariyah terletak sekitar 230 km dari kota Cairo yang memakan waktu perjalanan 2-4 jam,memang kota ini sangat indah dan cocok untuk dijadikan tempat berwisata dan bebulan madu karena suasananya yang romantic,udaranya yang nyaman,desiran angin laut yang segar,selain indah kotanya,Iskandariyah banyak menyimpan situs wisata sejarah para Nabi,Wali-wali Allah,Kerajaan,peninggalan Romawi,Francis dan Inggris,sehingga bukan saja menjadi incaran wisata International namun juga domestic.

Iskandariyah terletak diutara Mesir,tepatnya di pinggir samudera Mediterannian,samudera terkecil di dunia,Samudera ini memisahkan Mesir dari daratan Afrika dan daratan Eropa,walaupun Mesir termasuk organisasi Negara arab,kota ini merupakan Ibu kota Mesir yang pertama sebelum di pindah oleh Syayyidina Amr Bin Ash Ra ke Cairo dan Iskandariyah adalah kota terpenting ke dua setelah Roma waktu di zaman Romawi berkuasa.letaknya yang strategis dan indah membuat banyak kerajaan besar memperebutkannya .

  Kota Iskandariyah adalah salah satu kota tertua di dunia yang dibangun oleh cucu Nabi Nuh As yang bernama Mashorim Bin Baisor Bin Nuh As,sehingga Nama Mashorim dijadikan Nama Negara Mesir nisbat kepada cucu Nabi Nuh As,diceritakan ketika ia mendarat tidak ada satupun manusia,hewan apalagi bangunan dan perkampungan sehingga diberilah Namanya Arruqudah yang artinya tertidur  yaitu kota yang tertidur.

Iskandariyah diambil dari nama Iskandar Dzulkarnain,seorang raja yang yang hidup dizaman Nabi Ibrahim As dan beriman kepada Allah SWT,kisah Iskandar Dzulkarnain disebutkan dalam surah Al-Kahfi,tentang Iskandar Dzulkarnain yang membangun dinding pemisah yang memenjarakan Ya’juj dan Ma’juj hingga batas waktu yang ditentukan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Batas waktu yang merupakan salah satu peristiwa besar yang merupakan babak akhir dari kehidupan di dunia. Sesungguhnya dinding itu akan terbuka pada masa setelah kedatangan al-Masih ad-Dajjal,lalu diturunkan Nabi Isa As yang akan membunuh Dajjal dan meberantas Ya’juj dan Ma’juj .

           Banyak yang keliru bahwasanya Iskandar Dzulkarnain adalah Alexander the great,Imam Bukhari rahimahullahu membawakan kisah Dzulqarnain dalam Kitabul Fitan bab Qishshatu Ya`juj wa Ma`juj dalam Shahih-nya, sebelum bab Qaulullah ta’ala Wattakhadza Ibrahima Khalilan. Hal ini merupakan isyarat untuk melemahkan pendapat yang mengatakan bahwa Dzulqarnain yang disebut dalam Al-Qur`an adalah Iskandar Al-Yunani (Alexander The Great). Karena Iskandar Al-Yunani hidup pada masa yang berdekatan dengan zaman Nabi ‘Isa As. Padahal perbedaan masa antara Nabi Ibrahim As dan Nabi ‘Isa lebih dari 2.000 tahun. Dan yang nampak, Iskandar yang akhir ini dijuluki Dzulqarnain juga untuk menyamakannya dengan Iskandar yang pertama, dari sisi luasnya kerajaan dan kekuasaannya atas banyak negeri. Atau, ketika Iskandar yang kedua ini menaklukkan Persia serta membunuh raja mereka, maka dua kerajaan yang luas Persia dan Romawi berada di bawah kekuasaannya, sehingga dia dijuluki dengan Dzulqarnain (yang memiliki dua tanduk).

           Sudah jelas berbeda,Iskandar dzulkarnain adalah bangsa arab yang beriman kepada Allah SWT dan Alexander The Great berasala dari Macedonia dan ia bukanlah orang Islam.

   Diceritakan para pakar sejarah Islam Iskandar Dzulkarnain mendirikan kota selama 300 tahun lamanya,mendiaminya selama 300 tahun dan 300 tahun pula hancur baru dibangun kembali,Beliau mendirikan kota yang sangat indah menggunakan Marmer putih,dari lantai,dinding,tiang-tiang dan semua bahan bangunan terbuat dari marmer putih, sehingga pada zamannya tidak pernah memerlukan penerangan seperti obor dll,sehingga diwaktu malam,cukup pantulan sinaran rembulan sudah dapat memasukkan benang ke dalam lubang jarum.
  Setelah ratusan tahun berlalu kota iskandariyah hancur,maka masuklah panglima perang dari Machedonia benama Alexander yang dijuluki Alexander The Great dan menamakan kembali kota Iskandariyah ini ke nama pengasas aslinyta Iskandar Dzulkarnain.
Kota Iskandariyah dahulu menyimpan salah satu dari keajaiban dunia,yaitu mecusuar Iskandariyah,namun Mercusuar sudah hancur dan hilang,mengingat Iskandariyah pernah hancur berkeping-keping karena peperangan.di kota ini juga Banyak melahirkan ulama-ulama hebat,dan merupakan pusat ilmu Islam,insyaAllah akan di ceritakan satu persatu dalam buku ini.


tempat-tempat wisata disini ada Istana Raja Faruq I dengan tamannya Montaza Garden yang sangat indah dan luas yang tetap terjaga sampai sekarang,Masjid Abu Abbas Al-Mursi yang menjadi Icon kota Iskandariyah,makam dan masjid Imam Bhusiri sang pengarang Syair Burdah yang sering dilantunkan saat maulid Nabi Muhammad SAW dan Syairnya pun dilantunkan penyanyi-penyanyi nasid terkenal,termasuk Maher Zain dan Mezut Kurtis,dan juga makam para wali-wali Allah Makinuddin Al-Asmar,Yaqut Al-arsyi,Benteng Qayt bay yang terletak di pinggir laut dan menjadi tempat shooting film layar lebar Ketika Cinta Bertasbih,Perepustakaan tertua di Dunia dan menjadi terbesar kedua di dunia setelah perpustakaan Sorborn di Francis,Makam Syayyidina Luqmanul Hakim yang diabadikan namanya dalam surat Al-Qur’an yang terletak didalam Masjid Nabi Danial dan berdampinga Makam mereka,dan banyak lagi situs sejarah yang belum saya sebutkan disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top